Senin, 22 Agustus 2011

Mengikuti Jejak Panglima Besar Jenderal Soedirman, Pahlawan Pembela Kemerdekaan 1916-1950

Buku yang diterbitkan oleh Prenada pada tahun 2009 ini merupakan kumpulan dokumentasi Pusat Sejarah TNI (Pusjarah TNI) yang berisi proses pembuatan konsep pengembangan Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman di Sobo, Pakis Baru, Nawangan, Pacitan, Jawa Timur yang dipakai sebagai acuan resmi pembangunan Relief dan Diorama Monumen Perjuangan panglima Besar Jenderla Soedirman di Pacitan.

Buku ini merupakan bukti realisasi atas perintah Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso kepada Kapusjarah TNI Brigjen TNI Agus Gunaedi Pribadi untuk menyusun sebuah konsep pengembangan Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman, serta sebagai wujud kepedulian dan tanggungjawab Pusjarah TNI dengan adanya rencana pemerintah untuk memugar Monumen Perjuangan Panglima Besar Soedirman di Pacitan.

Adapun maksud disusunnya buku ini adalah untuk mendokumentasikan proses pengembangan Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman di Pakis Baru, Nawangan, Pacitan. Dengan diterbitkannya buku ini, semoga pribadi dan karakter Soedirman, khususnya selama masa perjuangan dapat diwarisi dan memberikan inspirasi bagi pembentukan karakter Sudirman-Sudirman masa kini dan masa depan. Buku ini juga dapat menggugah kembali semangat dan nilai-nilai nasionalisme, heroisme dan patriotisme, sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Buku ini tidak hanya sekedar menyajikan episode perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman semata,tetapi juga dapat dijadikan kenangan yang monumental sebagai acuan atau referensi penting bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya bagi para prajurit TNI.

Buku yang mempunyai tebal 412 halaman ini sangat menarik untuk dibaca, karena selain covernya tebal juga banyak ilustrasi gambar yang dapat mewakili dari tulisan tersebut, sehingga pembaca akan lebih tertarik untuk membacanya.


0 komentar:

Posting Komentar