Selasa, 18 Januari 2011

cek keaslian windows

Kebanyakan pengguna komputer di Indonesia menggunakan ms-windows sebagai sistem operasi komputer. Tetapi satu hal yang mungkin tidak begitu disadari pengguna windows, yaitu bahwa produk ms-windows merupakan salah satu produk microsoft yang dilindungi oleh UU HAKI. Penggunaannya harus disertai lisensi resmi, baik OEM, OLP, ataupun FPP. Permasalahannya, tidak semua pengguna komputer menyadari apakah sistem operasi windows yang mereka gunakan berlisensi atau tidak karena kebanyakan sistem operasi windows sudah ter-install pada saat melakukan pembelian komputer.

Seperti dijelaskan pada situsnya microsoft, ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui/mengenali keaslian windows. Pertama, melakukan aktivasi bagi yang telah membeli sistem operasi windows untuk di-install di komputer nya. Kedua, mem-validasi sistem operasi windows yang sudah ter-install di komputernya.

1. Aktivasi Produk Microsoft (MPA)

MPA yang dalam bahasa aslinya yaitu Microsoft Product Activation merupakan teknologi anti pembajakan yang dirancang microsoft untuk melakukan verifikasi validitas produk sehingga satu bentuk pembajakan yang dikenal sebagai penyalinan biasa dapat segera dihentikan.

Penyalinan biasa (copy) sebagai salah bentuk pembajakan yaitu menggunakan satu lisensi tunggal untuk pemasangan produk tak berlisensi di banyak komputer. Misalnya, pengguna membeli sistem operasi windows dan menginstalnya pada komputer. Kemudian, windows tersebut juga dipinjamkan ke temannya untuk diinstall ke komputer lainnya. Instalasi yang kedua ini tidak sah, dan MPA dirancang untuk mencegahnya.

MPA, atau yang lebih dikenal dengan aktivasi, tidak sulit untuk dilakukan. Pada waktu membeli sistem operasi windows, biasanya disertakan pula tata cara melakukan aktivasi yang dapat melalui internet atau lewat telepon.

Aktivasi melalui internet lebih praktis karena pertukaran informasi (sertifikat digital) berlangsung di antara sistem microsoft dengan PC yang sudah terinstall windows tersebut. Sedangkan aktivasi lewat telepon, microsoft akan memberikan pertanyaan singkat sebelum kemudian memberikan ID konfirmasi 42 digit kepada pengguna.

2. Validasi sistem operasi windows

Validasi sistem operasi windows dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas internet, dengan tujuan untuk melakukan pengecekan apakah sistem opearasi windows yang terinstall di komputer sesuai dengan lisensi atau tidak (klik di sini).

Pada dasarnya, prinsip dasar kedua cara tersebut sama saja yaitu sistem akan melakukan pengecekan apakah sistem operasi windows yang digunakan sudah sesuai dengan lisensi nya atau tidak.

Biasanya jika hasil pengecekan menunjukan bahwa sistem operasi windows yang digunakan tidak valid (tidak sah), pada layar tampilan windows yang digunakan akan "ditempelkan" box informasi berisi tulisan bahwa windows yang digunakan tidak asli, yang tidak bisa dihilangkan kecuali windowsnya di install ulang.

Baca juga Artikel terkait lainnya:

Cek Keaslian Windows
Hargai Hak Cipta
Jenis-Jenis Lisensi

Comments

0 komentar:

Posting Komentar