Kamis, 03 Desember 2009

perkenalan jaringan komputer

Bismillahirrahmanirrahim…

Sedikit membicarakan Jaringan Komputer. Untuk Kali ini saya akan sedikit membuat ringkasan singkat apa itu jaringan komputer. ga terlalu rumit memang nanti…. tapi, lumayan lah.. dari pada engga… ;) )

Jaringan Komputer (eng:Computer Networks) bisa di artikan secara harfiyyah sebagai dia atau lebih komputer yang dihubungkan dengan menggunakan sebuah sistem komunikasi, melalui media transmisi atau disebut juga media komunikasi hingga bisa saling berkomunikasi, berbagi data, berbagi prangkat keras (ex.: printer), berbagi aplikasi, dll.

Namun ada perbedaan mendasar dari jaringan komputer dan komunikasi data:

1. komunikasi data mungkin lebih cenderung pada kendalaan dan efisiensi transfer sejumlah bit-bit dari satu titik ke tujuannya.

2. Jaringan menggunakan teknik komunikasi data, namun hal ini lebih mementingkan arti dari setiap bit dalam proses pengiriman hingga diterima di tujuan

prinsipnya, data yang ada pada sebuah host dikirimkan melewati aturan (protokol yang ada), kemudian dilanjutkan kartu jaringan dan media transportasi (wired atau wireless). selanjutnya data diterima kembali oleh kartu jaringan sesuai dengan tujuan data, kemudian dicocokan dengan aturan yang berlaku, setelah itu data dapat diakses pada host tujuan.

trus, apa sih manfaat jaringan komputer????

klo bicara manfaat banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dalam suatu jaringan komputer. Manfaat manfaat tersebut sebagai berikut:

a. Jaringan komputer memungkinkan seseorang untuk mengakses file orang lain di komputernya atau sebaliknya.. mengijinkan orang lain untuk mengakses filenya. dimana pun dan kapanpun selama komputer tersebut terhubung kedalam sebuah jaringan wired atau wirelles

b. memungkinkan adanya sharing hardware… seperti yang tadi di tulis contohnya ya… printer.

c. memungkin transfering file secara cepat. jadi ga ada istilah keluar masuk FD ke port usb di kompi kita. jadi langsung saja filenya di sharing..

d. juga memungkinkan adanya pemangkasan biaya operational di suatu perkantoran… seperti keretas, pengiriman surat, telepon, dan pembelian hardware lain.

e. sekarang jaringan komputer telah dapat menghubungkan orang-orang dari saling berkomunikasi walaupun berbeda negara dan wilayah

Ada beberapa Type jaringan saat ini … walaupun mungkin tekhnologi akan terus berkembang… saya akan menuliskan 3 jenis atau tipe dari jaringan.

1. peer to peer (workgroup)

pada jaringan type ini semua komputer berkedudukan sama, dapat bertindak sebagai sebuah PC client (eng:information requestor) maupun PC server(eng:informationprovider)

2. Client Server (domain)

Pada jaringan tipe ini terdapat sebuah PC server yang berfungsi mengatur dan membagikan informasi ke setian pc client yang terhubung ke jaringannya. server(pelayan) menyediakan sarana pada client(pemakai jasa) untuk mengambil data, sharing perangkat keras, dan mengkonfigurasi security pada suatu jaringan.

3. Dump Terminal

Model jaringan ini menjadikan seluruh sistem terpusat ke sever (sistem operasi, aplikasi, storage, dan media lainya akan terpusat di sever), hanya ada LAN card yang sudah di configurasi agar waktu dinyalakan dapat langsung tersambung ke server.

biasanya nih pada sisi client menggunakan tipe jaringan ini, berupa komputer lawas yang sudah tidak terpakai lagi, atau juga bisa membeli perangkat khusus yang ditujukan untuk tipe jaringan model ini. diantara contoh perangkat yang sering banget dipakai adalah office station, office star, dan optima.

udah dulu ya… anti dilanjutin… ;) )

0 komentar:

Posting Komentar